Perawatan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Perawatan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Menurut beberapa tempat rental mobil Bandung, perjalanan jauh membutuhkan kendaraan dengan kondisi luar biasa prima. Hal ini dikarenakan adanya berbagai hal beresiko yang dapat mengganggu kenyamanan selama perjalanand. Sebab bukan tidak mungkin bila mobil mengalami kerusakan di jalan.

Perawatan Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Mobil yang tidak dalam kondisi prima dan dipaksa untuk melakukan perjalanan jauh tentu memiliki resiko mogok yang lebih besar. Oleh sebab itulah banyak tempat rental mobil Bandung menganjurkan beberapa tips perawatan mobil sebagai berikut ini.

  • Secara Berkala Lakukan Pengecekan Oli

Menurut beberapa tempat penyedia rental mobil Bandung, hal pertama harus diperhatikan dalam perjalanan jauh adalah pengecekan oli secara berkala. Oli yang sudah tidak layak akan membuat mesin mobil bekerja terlalu berat. Sehingga wajib hukumnya untuk rajin mengganti oli.

  • Lakukan Pengecekan Ban Mobil

Ban dengan tekanan yang sesuai dapat membantu menghemat BBM. Oleh karena itulah perlu untuk mengecek ban secara berkala. Terutama untuk menghindari resiko kendaraan tergelincir akibat ban gundul atau ban kempes dan bocor.

  • Lakukan Pengecekan Aki Mobil

Aki merupakan bagian mobil yang berguna dalam penyaluran daya listrik pada komponen lainnya. Ada dua jenis aki biasa ada di mobil seperti aki kering dan aki basah. Keduanya memiliki cara yang berbeda dalam perawatannya.

  • Lakukan Pengecekan Fungsi Rem

Rem adalah satu satu bagian mobil cukup vital. Sebab banyak kecelakaan di luar sana yang terjadi akibat tidak berfungsinya rem mobil. Untuk itulah perlu dilakukan pengecekan sistem dan fungsi rem setiap akan melakukan perjalanan jauh. Agar perjalanan dapat berjalan dengan lancar.

  • Lakukan Pengecekan Lampu dan Sinyal pada Mobil

Lampu dan sinyal pada mobil merupakan bagian fisik yang harus dalam kondisi prima. Sebab mobil tanpa lampu akan membahayakan kendaraan lainnya, terutama saat berkendara malam hari. Biasanya untuk pengecekan dapat dengan mengecek aki mobil.

  • Lakukan Tune Up pada Mobil

Tune up merupakan hal penting dilakukan untuk membuat kinerja mesin kembali dalam kondisi fit. Prosedur ini harus dilakukan setidaknya 6 bulan sekali. Sebab, ada berbagai hal yang dapat membuat kinerja mesin mobil menurun seperti kemacetan, buruknya kualitas pelumas, dan lain-lain.

Itulah beberapa cara merawat mobil sebelum menggunakannya untuk perjalanan jauh. Hal ini harus dilakukan agar mobil dapat bekerja dengan optimal selama perjalanan. Bila tidak ingin repot, Anda dapat menggunakan layanan penyewaan kendaraan di tempat rental mobil Bandung.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *