Mengenal Bagian-Bagian dari PLC

Mengenal Bagian-Bagian dari PLC

Peminat teknologi digital semakin marak karena mereka harus menyesuaikan kebutuhan masyarakat dengan keahlian yang dimiliki. Untuk bisa menguasainya, Anda pastinya membutuhkan sebuah kursus khusus programmable logic control atau sering dikenal dengan kelas PLC.

Apa Itu PLC?

Sebenarnya apa itu PLC? Mungkin bagi beberapa orang awam, istilah ini sangatlah asing. Namun, bagi mereka yang sudah menekuni bidang ini dan menjadikannya sebagai ladang cuan, pastinya sudah sangat familiar.

PLC sendiri merupakan kepanjangan dari Programmable Logic Control. Ini adalah perangkat pengontrol industry atau solid-state terkomputerisasi yang mengeksekusi logika diskrit atau sekuensial dalam lingkungan manufaktur atau otomasi.

Mungkin penjelasannya terlalu rumit, dengan mengikuti kelas PLC tentor akan membantu Anda memahami setiap istilah yang ada di dalam pemrograman tersebut. Sebenarnya, PLC sendiri merupakan sebuah kombinasi antara hardware dan juga software.

Mengenal Bagian-Bagian dari PLC

Untuk memahami tentang PLC, Anda tentunya perlu mengetahui beberapa bagian terkait pemrograman ini. Di bawah ini akan dijelaskan dua istilah guna memberikan gambaran kepada programmer mengenai PLC ini, berikut penjelasan lengkapnya!

  • Modul Input dan Output

Bagian atau komponen utama pada PLC  yang pertama adalah modul output  dan input. Terdapat dua tipe pada bagian ini berupa analog atau digital. Keduanya memiliki perbedaan fungsi sangat signifikan ketika dioperasikan.

Modul output berguna untuk menyiapkan interface (antarmuka) pada perangkat output. Misalnya, seperti relay, lamp, heater, fan, motor, pilot lamp, bel, dan masih banyak lainnya. Sedangkan modul input berfungsi menyediakan interface (antarmuka) pada input, contohnya sensor, jenis saklar, dan lain-lain.

  • Power Supply

Power supply adalah istilah yang paling banyak ditemukan di bidang pemrograman. Setiap daya yang ada di sekitar Anda pastinya membutuhkan daya untuk menyalakannya atau memudahkan mereka beroperasi sesuai fungsinya.

Sama halnya dengan PLC, Anda akan membutuhkan daya tersebut untuk berbagai komponen yang ada di dalamnya agar mudah dalam mengoperasikannya. Power supply berfungsi menyiapkan daya AC atau DC pada pengoperasian PLC.

Itu tadi informasi berkaitan dengan gambaran mengenai kelas PLC. Bagi Anda yang ingin menekuni hobi atau mendalami bidang tersebut, pastikan untuk menemukan tentor atau kursus yang sudah terakreditasi dan mampu membawa ke kesuksesan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *