Hal Wajib Sebelum Belajar Investasi Pemula

Investasi saat ini sudah dianggap menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan di masa depan. Namun sebenarnya hal ini pun tidak akan terlepas dari pengaruh inflasi sehingga berimbas pada harga barang saat mengalami peningkatan. Lantas apa saja poin penting dalam belajar investasi pemula?

3 Hal Wajib Sebelum Belajar Investasi Pemula

Investasi saham kini menjadi salah satu instrument investasi yang sebenarnya cukup populer. Tidak bisa dipungkiri bahwa sebenarnya investasi saham pun mampu menawarkan potensi keuntungan cukup menjanjikan. Namun ada beberapa hal wajib perlu diketahui sebelum belajar investasi pemula.

  • Mengenali Keuntungan dari Investasi Saham

Ada dua jenis keuntungan yang mungkin saja bisa Anda peroleh saat melakukan investasi saham, yakni capital gain dan pembagian dividen. Capital gain sendiri adalah profil dari selisih antara harga beli dan jual sahamnya.

Sementara pembagian dividen akan diperoleh dari keuntungan perusahaan yang telah dibagikan kepada masing-masing investor. Tiap-tiap pemilik saham akan memiliki kebijakan sendiri untuk membagikannya sehingga pahami terlebih dahulu bagaimana sistematikanya.

  • Menentukan Tujuan dan Target dalam Investasi

Mengetahui tujuan investasi sama halnya seperti menentukan titik akhir perjalanan Anda ketika ingin mencapai suatu tujuan. Tanpa mengetahunya, maka akan cenderung mengalami kebingungan karena tidak ada yang ingin dicapai.

Sama halnya seperti Anda tidak memiliki tujuan pada saat berinvestasi. Tentu saja target ini berhubungan erat dengan capaian keuangan, misalnya tabungan pribadi, dana pernikahan, biaya Pendidikan, cicilan KPR dan lainnya.

  • Mempertimbangkan Kesanggupan Modal

Sebelum benar-benar memutuskan untuk berinvestasi, Anda sudah harus mempertimbangkan kemampuan dalam  memilikinya. Jika memang masih pemula, sebenarnya tidak perlu lagi memaksakan meminjam uang sebagai modal awal.

Mulailah dengan apa saja yang Anda miliki meski jumlahnya sangat kecil. Jika masih pelajar, maka bisa menyiisihkan uang jajan dan mulai berinvestasi sedikit demi sedikit. Hal seperti ini dapat dimulai dari kebiasaan agar terbiasa melakukannya.

Tidak secara asal-asalan dalam melakukannya, namun penting bagi Anda untuk mengetahui hal-hal penting perlu dipahami sebelum mempraktekkan belajar investasi pemula. Jika masih awal memulainya tentu akan menjumpai banyak kebingungan sebelum benar-benar terbiasa.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *