Cara Mencari Sumber Air di Hutan

Cara Mencari Sumber Air di Hutan

Cara Mencari Sumber Air di Hutan-Aktifitas pendakian gunugn serta menjelajah kedalam hutan itu diperlukan trik dan ketrampilan khusus. Hanya mengandalkan bekal yang ada di dalam tas saja tentunya tidak akan cukup, tetapi diperlukan juga bekal pengetahuan tentang kondisi alam agar bisa bertahan hidup selama di hutan. Persiapan yang matang mulai dari menyiapkan barang bawaan konsumsi, pakaian lengkap, obat-obatan harus dipastikan sudah terbawa. Kondisi di medan didalam hutan tidak bisa dipastika, sehingga mungkin saja lokasi istirahat berubah dari rencana awal. Jika alam menyambut kedatangan dengan cuaca yang cerah, itu sebuah keburuntungan. Namun jika disambut dengan cuaca yang ekstrim, persiapkan diri untuk menghadapinya.

Oleh sebab itulah ada juga nih ilmu-ilmu yang berhubungan dengan survival yang haurs dipahami. Sebagai contohnya cara menemukan sumber air di tengah hutan apabila tidak sengaja tersesat di dalam hutan.Ini ilmu penting agar tidak terkena yang namanya dehidrasi. Apalagi jika jarak perjalanan yang harus dilalui masih panjang. Sepanjang perjalanan harus mempunyai pasokan air yang melimpah untuk menghilangkan rasa haus dan mengganti cairan tubuh yang terbuang. Sumber air yang tersedia di alam liar (hutan) bisa diperoleh dari sungai yang tidak kering, telaga, genangan air hujan, atau bisa saja berasal dari jenis tumbuhan tertentu yang dapat menyimpan air di salah satu bagian tubuhnya. So, bagaimana cara mencarinya?

Tips Cara Mencari Sumber Air di Tengah Hutan

Kenali Cara Air Mengalir

Pada dasarnya air tersebut mengalir dari tempat yang tinggi menuju tempat rendah. Jadi, saat posisi anda berada di tengah-tengah hutan anda harus mencari sumber air ditempat yang lebih rendah. Bagi anda yang sering melakukan pendakian di gunung, pasti tidak kesulitan mengenali
kondisi alam sekitar. Dimana banyak sekali beragam jenis pohon yang tumbuh dan berkumpul dibagian dasar, bukan pada posisi puncak.

Fenomena tersebut merupakan sebuah bukti bila sumber air lebih banyak terletak di bagian bawah gunung. Menurut beberapa pakar, ilmu ini harus dipahami betul-betul sebelum memutuskan mendaki gunung. Siapkan air minum secukupnya dari bawah untuk perjalanan menuju ke puncak gunung. Secara ilmu alam, tumbuh-tumbuhan selalu tumbuh lebih subur dan memiliki daun yang rindang kalau dekat dari sumber mata air.

Termasuk juga dengan pepohonan. Nah, apabila melihat tanda-tanda yang seperti ini di sekitar anda berdiri, kemungkinan besar disana terdapat sumber air yang tersembunyi dan harus digali untuk menemukanya. Disini, gaya hidup kamu yang biasa mudah menemukan air minum akan berubah.

Tidak hanya itu saja, ada jenis tumbuhan yang menyimpan air meski dalam jumlah tidak cukup banyak. Anda juga harus tau jenis tumbuhan apa yang menyimpan air. Sehingga lebih memudahkan dalam pencarian air bila stok yang dibawa mulai habis.

Perhatikan Jejak Binatang

Jika anda menyukai akitivitas mendaki gunung, tentu insting menemukan sumber air dibersih di hutan sudah cukup tajam. Memang bukan hal mudah, perlu banyak waktu untuk bisa melakukan satu hal ini.

Ditengah hutan, jejak kaki binatang rusa, kijang ataupun babi bisa memudahkan anda dalam mencari sumbet air minum di hutan. Jejak kaki hewan tersebut biasana menunjukan arah dimana ada makanan dan dimana arah sumber air. Jadi jika melihat jejak binatang yang masih segar, cobalah ikuti secara perlahan dan jangan sampai kehilangan jejaknya.

Sekarang sudah mengertikan cara mencari sumber air di hutan saat tersesat ataupun bekal air anda sudah habis? Jangan sampai anda melupakan informasi penting ini ya..

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *