Aturan Renovasi Rumah Subsidi Terbaru

Aturan Renovasi Rumah Subsidi

Aturan Renovasi Rumah Subsidi – Bisa mempunyai rumah subsidi merupakan hal yang sangat menguntungkan bagi pemilik rumah tersebut. Bukan tanpa sebab, rumah jenis bersubsidi ini mempunyai harga lebih miring dari rumah konvensional. Namun, apabila pemilik ingin melakukan renovasi rumah tersebut, haruslah mempahami beberapa peraturan terlebih dulu yang sebelumnya ditentukan oleh pemerintah.

Program kepemilikan rumah subsidi seperti yang kita semua ketahui merupakan salah satu program unggulan pemerintah yang idenya datang dari Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Program kebanggaan sejuta rumah ini memiliki tujuan agar bisa memberi kemudahan untuk masyarakat yang penghasilannya masih rendah untuk mempunyai rumah tinggal yang bagus dengan harga yang lebih trjangkau. Melakukan renovasi atau perbaikan rumah bersubsidi sebetulnya boleh-boleh saja namun harus memahami dulu aturan-aturan dari pemerintah dan memberitahukan kepada pihak bank bila menggunakan KPR agar terhindar dari terkena pinalti ataupun denda. Agar tidak salah dalam melangkah mari sama-sama pahami aturan renovasi rumah kpr bersubsidi dibawah ini.

Aturan Dalam Renovasi Rumah KPR Subsidi 2020

Untuk kepemilijan rumah subsidi, renovasi boleh dilakukan bilamana pemilik rumah telah menjalani kredit rumah minimal selama 5 tahun. Tapi, apabila pemilik ingin sekali renovasi rumah subsidi yang masa pembayaranya belum mencapai 5 tahun, maka pemilik hanya diperijinkan untuk menambah bagian dapur serta membuat pagar depan saja.

Peraturan renovasi rumah subsi selanjutnya ialah, Ttidak diperbolehkan untuk mengubah bentuk bagian depan rumah ataupun membuat rumah jadi bertingkat. Renovasi ini semacam ini bisa mendapatkan izin selam kewajiban pemilik rumah membayar angsuran dinilai lancar oleh bank. Apabila peraturan yang sudah ditetapkan ini dilanggar oleh pemilik rumah, waspadalah terhadap sanksi-sanksinya atau bisa saja status rumah subsidi tersebut dicabut. Tidak hanya itu saja, proses merenovasi rumah bersubsidi juga umumnya harus dilaporkan pada pihak bank pembiayaan sesuai dengan aturanya.

Karena, apabila di masa yang mendatang terjadi hal yang tidak diinginkan semua pihak, maka sebagai pihak kreditur (bank) hanya membayarkan biaya asuransi sesuai dengan tipe rumah saat proses akad kredit rumah dilakukan, bukan kondisi rumah saat ini. Jika melaporkan dulu sebelum di renovasi, maka perlindungan asuransi bisa mengcover seluruh biayanya bilama ada sesuatu hal yang tidak diinginkan di waktu mendatang. Besarnya biaya pertanggungan asuransi juga akan mengikuti dengan kondisi rumah setelah direnovasi.

4 Tips Renovasi Rumah Subsidi

Renovasi Secara Bertahap

Ijin melakukan renovasi rumah akan diberikan jika pembayaran sudah menginjak lima tahun dan statusnya lancar. Dalam jangka waktu kurang dari yang ditetapkan pemilik rumah tidak boleh sama sekali merubah bentuk pada bagian depan rumah atau mengubahnya menjadi rumah bertingkat. Hanya perubahan kecil saja yang dibolehkan, yaitu menambah pagar depan. Dengan menjalankan metode perbaikan rumah secara bertahap, keuangan yang kamu punya tidak langsung habis semuanya untk renovasi.

Pilih Material Yang Harganya Murah

Tips berikutnya untuk renovasi rumah subsidi yakni dengan membeli bahan material yang harganya murah, namun kualitas tidak terlalu buruk. Material murah yang bisa dipilih seperti cat tembok, genting, beton ready mix, keramik dan lain sebagainya. Saat akan membeli material alangkah baiknya jika anda suvey terlebih dulu ke beberapa toko bangunan guna mendapat harga yang paling bagus.

Renovasi Bagian Atap Rumah

Salah satu bagian dari rumah subsidi yang boleh di renovasi yaitu atap rumah. Sebab tidak sedikit rumah yang atapnya mengalami bocor dan perlu tindakan perbaikan segera. Perbaikan hanya boleh mengganti atau menambal bagian yang bocor, tidak boleh mengubah bentuk atap rumah.

Jangan Bongkar Total Sekaligus

Pemilik rumah bersubsidi dilarang keras membongkar total bentuk bangunan asli. Pada dasarnya rumah jenis ini diperuntukan bagi kalangan yang tidak mampu dan jika anda membongkar total artinya memerlukan biaya yang melebihi harga bangunan dan berdampak pencabutan status subsidi serta sanksi lainya.

Sekarang anda sudah taukan mengenai aturan renovasi rumah subisi yang terbaru? Hati-hati saat akan merenovasi rumah, ada sanksi yang harus anda terima bila melanggar aturan yang sudah ditetapkan. Anda harus tau juga harga ready mix per kubik yang terbaru.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *