Banyak usaha yang terdampak karena pandemi hingga akhirnya gulung tikar. Bagi Anda yang bergerak di bidang kuliner, penting untuk mengetahui strategi bisnis makan di masa pandemi agar tetap bisa bertahan. Sehingga bisnis masih dapat berjalan hingga jangka waktu yang panjang.

Strategi Bisnis Makanan di Masa Pandemi

Makanan adalah kebutuhan pokok manusia sehingga berbisnis di bidang ini sebenarnya memiliki peluang bagus. Permintaan akan kebutuhan makanan akan selalu ada sehingga bisnis makanan sebenarnya lebih mudah untuk bertahan. Namun, tetap harus ada adaptasi dengan kondisi dan situasi terkini. Lantas bagaimanakah strateginya?

  • Terapkan Layanan Sistem DO (Delivery Order)

Selama masa pandemi orang-orang dituntut untuk di rumah saja dan mengurangi aktivitas keluar rumah. Hal ini membuat pebisnis harus berpikir keras agar jualan tetap laku meskipun tidak ada yang datang langsung ke toko atau outlet. Ada salah satu cara jitu yang bisa dilakukan adalah sistem Delivery Order.

Sistem ini memungkinkan konsumen untuk melakukan pemesanan secara online kemudian penjual mengirimkan produk yang dipesan. Baik secara langsung dengan menyediakan tim delivery order atau bekerja sama dengan penyedia layanan ini.

  • Terapkan Protokol Kesehatan dengan Ketat

Kesadaran akan kebersihan dan menjaga protokol kesehatan semakin meningkat sejak masa pandemi Covid-19. Masyarakat pun akan cenderung lebih memilih tempat makan yang memberikan penjagaan protokol kesehatan yang sesuai standar agar bisa tenang dan tidak was-was saat membeli makanan. Oleh karena itu, Anda perlu mencari informasi tambahan dalam https://bisnisonlinekuy.com/.

  • Buat Variasi Produk

Kebijakan social distancing selama masa pandemi menuntut pelaku bisnis kuliner seperti restoran, kafe, dan lainnya untuk tidak berforkus pada layanan dine in. Sehingga harusnya banyak berinovasi untuk take away. Salah satu solusinya bisa dengan membuat produk frozen food.

Sehingga konsumen tetap bisa menikmati menu makanan tersebut meskipun dari jauh sekalipun. Bisa juga dengan menyediakan menu bahan baku yang ready to cook sesuai menu di tempat Anda menjual makanan.

Strategi bisnis makanan di masa pandemi pada dasarnya menuntut para pelaku bisnis untuk adaptif dan inovatif terhadap perubahan. Bukannya mengutuki keadaan namun berupaya bagaimana mengatasi situasi pandemi yang tak menentu.