Proses Pembuatan Cerutu yang Perlu Diketahui

Tahukah Anda bagaimana cara pembuatan cerutu? Sederhananya proses pembuatan cerutu dilakukan dengan tahapan yang sangat detail dan cukup panjang. Tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana proses pembuatannya sebelum menggunakannya.

Mengenal Apa Itu Cerutu

Perlu Anda ketahui jika cerutu adalah rokok yang terbuat dari gulungan daun tembakau utuh. Dalam proses pembuatannya, daun tembakau tersebut dikeringkan. Tidak hanya itu saja, proses pembuatan cerutu juga dengan melalui fermentasi.

Tidak hanya itu saja, cerutu juga bisa diartikan sebagai tembakau yang sudah dikeringkan di bagian dalam dan dibungkus dengan daun tembakau tambahan. Perlu diketahui juga jika daun tembakau yang digunakan berbeda dengan rokok biasa.

Inilah Proses Pembuatan Cerutu yang Perlu Diketahui

Perlu Anda ketahui jika untuk membuat cerutu membutuhkan waktu yang cukup panjang hingga 3 tahun. Apalagi memang proses pembuatannya menggunakan tangan. Sedangkan untuk lebih jelasnya mengenai bagaimana proses pembuatan cerutu, berikut langkah-langkahnya.

  • Proses pembuatan yang pertama diawali dengan panen tembakau terlebih dahulu. Setelah itu nantinya tembakau akan dikeringkan dengan proses yang cukup panjang. Selanjutnya daun kering tersebut akan melalui proses fermentasi.
  • Selanjutnya melakukan proses disortir menjadi daun pembungkus dan isian. Pada tahapan ini juga akan melakukan pemilihan daun-daun yang memang berkualitas. Setelah itu baru proses pembelahan daun untuk mengambil batangnya.
  • Pada proses selanjutnya memisahkan antara bagian daun kanan dan kiri. Tujuannya agar nantinya proses penggelintingan akan jauh lebih mudah. Selain itu, proses pengeritingan dengan teknik seperti ini terlihat lebih rapi.
  • Proses selanjutnya menyimpan daun-daun tersebut di dalam sebuah kotak kayu. Setelah itu disimpan selama 2 tahun. Proses inilah yang membuat harga cerutu di toko cerutu 8 BL cukup mahal.
  • Tentunya pada proses terakhir ini yaitu dengan mengelinting dan memberikan label. Tentu perbedaan label inilah yang membedakan harga antara satu merek dengan yang lainnya.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai proses pembuatan cerutu yang cukup populer. Setidaknya dengan mengetahui proses pembuatannya bisa menambah pengetahuan baru. Dari penjelasan ini juga bisa disimpulkan proses pembuatan cerutu sangat panjang, sehingga mempengaruhi harganya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *