Pesan di Balik Mahakarya Lukisan Terkenal

Apakah Anda suka mengamati segala hal berbau seni? Baik lukisan, musik, dan lainnya. Terkadang seseorang dengan insting peka bisa merasakan adanya sentuhan-sentuhan sebagai pesan tersembunyi di balik mahakarya lukisan mereka. Seperti beberapa kasus-kasus di bawah ini.

3 Mahakarya Lukisan dengan Pesan Tersembunyinya

Ternyata di balik sebuah lukisan indah, estetik, terkenal. Pelukisnya menyisipkan berbagai ilmu pengetahuan atau cerita khusus di dalamnya. Tidak semua orang bisa menangkap sinyal ini. Hanya mereka dengan kepekaan dan pengetahuan seni kelas tinggi bisa merasakannya.

  1.     The Creation Of Adam Karya dari Michelangelo

Mahakarya lukisan pertama terkenal sekali sepanjang masa. Dimana peminatnya dimana-mana. Mungkin jika diamati oleh orang awam gambar tersebut tampak cantik seperti lukisan mahal seperti biasanya tidak ada kesimpulan khusus. Tapi beda lagi dengan pendapat para pengamat.

Para pengamat seni melihat proses dimana orang yang dipercaya sebagai tuhan sedang memberikan percikan kehidupan pertama bagi Adam. Anda bisa melihat adanya jubah coklat besar di belakang berbentuk layaknya otak manusia. Begitu detail sampai ke bagian arteri vertebralis.

  1.     The Persistence Of Memory dari Salvador Dali

Kemudian ada salah satu karya dari Salvador Dali. Pelukis yang juga pernah melukis wajah Einstein dan ini kembali mengeluarkan mahakaryanya. Yakni gambar berupa jam-jam yang meleleh di tengah tempat sepi, namun terasa damai. Banyak orang mengartikan ini ada hubungannya dengan relativitas waktu.

Namun nyatanya tidak serumit itu. Salvador hanya ingin menyampaikan bahwa sifat ruang dan waktu adalah lembut, mudah membuat orang sensitif atau di sini yang dimaksudkan adalah tersentuh oleh memori, kenangan yang ada pada waktu tersebut. Rasanya akan tetap lengket seperti jam meleleh.

  1.     Madame X – Dari John Singer Sargent

Lukisan satu ini nampaknya menjadi boomerang bagi pelukisnya. Dimana seharusnya membawa ketenaran justru berubah menjadi cemoohan. Dalam lukisan aslinya adalah wanita dengan gaun hitam panjang namun ada salah satu sisi tali lengan lepas dari bahu.

Hal tersebut dianggap tidak pantas, padahal John ingin menggambarkan wanita tangguh namun tetap anggun. Itulah beberapa pesan singkat yang disampaikan oleh para pelukis melalui mahakarya lukisan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *