Perkembangan Psikotes Gambar Orang

Perlu diketahui bahwa psikotes gambar orang ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1885 oleh Ebenezer Cooke. Sedangkan untuk penilaiannya tidak dilihat dari segi keindahan tetapi lebih ke personalitas dari gambar yang dihasilkan. Maka dari itu bisa dianalisa mengenai kepribadiannya.

Perkembangan Psikotes Gambar Orang (Draw A Person)

Psikotes gambar orang merupakan salah satu bentuk alat dalam psikologi yang sering ditemui saat proses asesment. Draw A Person juga termasuk tes individual yang hingga saat ini masih banyak digunakan oleh praktisi. Hal itu dilakukan untuk mengetahui kepribadian dari seseorang.

Perlu diketahui bahwa tes itu mulai dipopulerkan pada tahun 1926. Sedangkan dikembangkan oleh Laurence Goodenough. Pada waktu itu tes ini dilakukan untuk melihat dan memprediksi taraf kemampuan kognitif suatu anak melalui hasil gambarannya.

Menurut Laurence Goodenough hal itu diasumsikan bahwa detail gambar dan akurasi yang dihasilkan dapat menunjukkan tingkat kematangan intelektual anak. Di samping itu pada 1949 Machover juga mengembangkan Draw A Person untuk teknik mengukur kepribadian.

Apa Tujuan Psikotes Gambar Orang ( Draw A Person)?

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa menurut Goodenough tes ini terbukti bisa menggambarkan kepribadian dan visi misi dari seseorang ketika hendak masuk ke dalam dunia kerja. Hal itu dikarenakan umumnya di dalamnya tidak terdapat intruksi yang detail.

Hal itu tentunya membuat ambiguitas. Meskipun demikian menurut Goodenough kondisi seperti itulah yang dapat digunakan untuk mengetahui visi misi kedepan dari seseorang yang sedang dites. Nantinya jika tester bisa menggambarkan secara detail maka memiliki tujuan yang jelas.

Di samping itu tujuan dilakukan psikotes gambar yakin untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan emosi dan lain-lain. Untuk informasi lebih banyak tentang hal itu bisa mengunjungi aneiqbal.com.

Dalam psikotes gambar orang nantinya anda akan diberikan selembaran kertas kosong serta pensil. Kemudian diharuskan untuk melaksanakan instruksi yang telah diberikan. Sedangkan untuk waktunya pelaksanaannya hanya disediakan sekitar 10 sampai 15 menit saja.

Itulah tadi sekelumit gambaran dari psikotes gambar orang, semoga bisa menambah wawasan pambaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.