Pekerjaan di Bidang Perhotelan yang Jarang Orang Ketahui

Sebagian besar masyarakat mengira bahwa bekerja di hotel hanya berkutat dengan pelayanan tamu di pintu depan dan pelayanan kamar saja. Padahal, banyak klasifikasi pekerjaan yang bisa dipilih saat seseorang memutuskan untuk bekerja di hotel.

Macam-Macam Pekerjaan di Bidang Perhotelan

Pekerjaan yang berkutat di dalam hotel memiliki banyak bidang. Bahkan karena terlalu banyak, beberapa di antaranya jarang diketahui oleh masyarakat. Berikut adalah macam-macam pekerjaan di hotel yang unik dan jarang orang ketahui.

1. Concierge

Concierge adalah jenis pekerjaan di hotel yang sangat unik. Kalau melihat asal katanya, pekerjaan utamanya adalah pembuka pintu untuk tamu. Namun ternyata makna pembuka pintu ini cukup luas. Concierge memiliki tugas yang jauh lebih beragam dari itu. Di antaranya adalah membantu tamu untuk memesan restoran di sekitar hotel, mencari babysitter, hingga reservasi tiket pesawat.

2. Porter

Porter adalah jenis pekerjaan yang paling mudah ditemukan dan sangat akrab dengan para tamu. Tugasnya adalah mengangkut seluruh barang bawaan tamu yang datang dan mengantarnya ke kamar. Segala informasi terkait kamar yang akan ditempati tamu juga wajib diketahui porter untuk antisipasi pertanyaan dari tamu yang ingin mengetahui infomasi kamarnya.

3. Manajer Dapur

Pekerjaan di bidang perhotelan ternyata tidak bisa lepas dari pelayanan makanan. Ini disebabkan karena peran hotel yang wajib menyediakan pelayanan terbaik kepada pelanggan, termasuk dalam hal hidangan makan. Oleh sebab itu, pekerjaan manajer dapur sangat dibutuhkan. Tugasnya untuk memantau kinerja dapur dan menyeleksi pegawai dapur baru yang masuk.

4. Purchasing

Pada bidang administrasi, ternyata ada bagian pekerjaan purchasing. Tugasnya khusus untuk memantau pembelian produk yang dibutuhkan hotel. Misalnya bahan makanan untuk hidangan tamu ataupun pembelian peralatan yang berhubungan dengan fasilitas hotel.

5. Event Planner

Sekilas bidang pekerjaan ini tidak berhubungan dengan hotel. Tetapi, pada beberapa hotel menengah ke atas hingga bintang lima, event planner sangat dibutuhkan. Tugasnya  lebih fokus pada penggunaan hotel dari pihak luar atau pihak ketiga. Misalnya saat salah satu ruangan akan digunakan untuk acara seminar, maka event planner wajib membantu menyukseskan acara tersebut.

Bagi Anda yang tidak pernah berada dalam dunia perhotelan, tentu pekerjaan-pekerjaan tersebut terlihat sangat asing. Namun, gaji karyawan tetap pada masing-masing bidang pekerjaan tersebut  ternyata terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan. Tergantung pada jenis hotel yang ditempati, semakin mewah hotelnya tentu semakin besar gajinya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *